Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Minggu & Hari Besar Tutup
Jl. Teratai IV No.20 Sukaragam , Serang Baru , Kab. Bekasi 17330 Jawa Barat , Indonesia.
Beranda » Artikel Terbaru » Cara Menanam Pepaya California Agar Hasil Panen Melimpah

Cara Menanam Pepaya California Agar Hasil Panen Melimpah

Diposting pada 10 Juni 2019 oleh Admin KiosOrganik.com | Dilihat: 166 kali

Pepaya adalah salah satu buah yang banyak peminatnya. Tak mengherankan karena buah ini memiliki cita rasa yang manis dan menyegarkan. Selain itu, buah ini juga memiliki banyak kandungan zat yang terbukti menyehatkan. Mengenai jenisnya, pepaya tersedia dalam beragam jenis, salah satunya pepaya california. Jenis pepaya yang satu ini memiliki daging buah yang tebal dan usia panennya lebih singkat sehingga akan memberikan keuntungan yang besar apabila membudidayakannya. Apalagi cara menanam pepaya california terbilang mudah dilakukan, tak terkecuali untuk pemula sekalipun.

tipspetani.com

Cara Menanam Pepaya California

Bagi anda yang ingin memulai budidaya pepaya california, ada baiknya anda simak ulasan mengenai cara menanam pepaya california yang kami bagikan di bawah ini.

Pemilihan Bibit

Dalam melakukan budidaya pepaya california, anda bisa memulainya dengan memilih bibit. Untuk mendapatkan bibit pepaya california yang unggulan, anda bisa membelah pepaya california tepat di bagian tengahnya. Kemudian ambil biji yang ada di bagian tengahnya tersebut. Setelah itu, biji bisa langsung disemai dengan pupuk kandang dan tanah. Jika sudah, anda bisa menempatkan bibit di polybag.

Persiapan Lahan

Setelah memilih bibit dan menyemainya, anda bisa beralih ke persiapan lahannya. Anda bisa membersihkan lahan dari rumput liar atau gulma. Kemudian anda bisa membuat bedengan untuk menanam pepaya california. Setelah itu, anda bisa membuat lubang tanam sekitar 50 cm. Sementara untuk jaraknya, anda bisa buat sekitar 2,5×2,5 meter antar lubang. Jika sudah, lubang bisa ditimbun dengan campuran tanah dan pupuk kandang tanpa menutupnya secara menyeluruh. Langkah selanjutnya, anda bisa mengaliri lubang dengan air bersih secukupnya.

Penanaman

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan dalam budidaya pepaya california yaitu menanam bibit. Lubang yang sudah anda buat sebelumnya bisa ditanami bibit pepaya california. Caranya, anda bisa merobek polybag terlebih dahulu. Lakukan secara hati-hati supaya media tanam tanahnya tak pecah. Kemudian anda tinggal menimbun lubang tanam dengan campuran pupuk organik yang anda gunakan sebelumnya. Jika sudah, anda bisa mendiamkannya selama 2 minggu. Baru setelah itu, anda bisa lanjut ke tahapan budidaya pepaya california selanjutnya.

Pemeliharaan

Sesudah anda melakukan penanaman, anda harus memberikan perawatan agar budidaya pepaya california memberikan hasil yang melimpah. Pemeliharaan ini penting untuk dilakukan karena mempengaruhi pertumbuhan sekaligus meningkatkan kualitas buah pepaya california. Dalam pemeliharaan ini, anda perlu melakukan penyiraman, pemupukan dan pemangkasan. Dengan melakukan pemeliharaan yang tepat, maka hasil panen yang akan didapatkan nantinya bisa lebih memuaskan. Maka dari itu, anda jangan sampai melewatkan tahapan pemeliharaan buah pepaya california ini.

Untuk penyiraman, anda bisa menyiram pepaya california secara rutin. Lakukan penyiraman secukupnya saja. Jangan sampai membuat genangan air karena akan menyebabkan pepaya california menjadi busuk. Sementara untuk pemupukan, anda tak hanya bisa memanfaatkan pupuk kandang saja, akan tetapi juga disarankan untuk menggunakan pupuk tanaman buah berkualitas. Lain halnya dengan pemangkasan. Anda bisa memangkas dahan atau tunas yang mengganggu pertumbuhan pepaya california.

Pencegahan Hama dan Penyakit

Budidaya pepaya california yang anda lakukan bisa memberikan hasil panen yang melimpah apabila anda melakukan pencegahan terhadap hama dan penyakit. Adapun hama yang biasanya menyerang pepaya california ialah tungau, kutu daun dan kutu putih lama. Untuk mencegahnya, anda hanya perlu menyemprotkan insektisida. Hanya saja, penggunaan produk berbahan organik lebih disarankan. Sementara untuk penyakit, pepaya california bisa saja terserang penyakit phytphora parasitica, p collectricum, pythium, palmivoral dan masih banyak lainnya. Upaya pencegahannya bisa dilakukan dengan menyemprotkan larutan fungisida yang sudah dicampur menggunakan air.

Pemanenan

Tahapan dalam cara menanam pepaya california lainnya yaitu pemanenan. Pepaya california sudah bisa dipanen apabila usianya mencapai 7-9 bulan. Pada usia ini, kulit buah pepaya california sudah menguning yang menandakan bahwa buahnya sudah matang. Mengenai bagaimana cara memanennya, anda hanya perlu memotong buah pepaya secara langsung di bagian tangkai buahnya. Masa panen buah pepaya california ini sendiri bisa dilakukan sekitar 4 kali dalam sebulan. Apabila anda mencermati setiap langkah budidaya pepaya california di atas, anda pastinya bisa mendapatkan hasil panen yang melimpah.

Bagikan informasi tentang Cara Menanam Pepaya California Agar Hasil Panen Melimpah kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Menanam Pepaya California Agar Hasil Panen Melimpah | Kios Organik

Belum ada komentar untuk Cara Menanam Pepaya California Agar Hasil Panen Melimpah

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR