Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Minggu & Hari Besar Tutup
Jl. Teratai IV No.20 Sukaragam , Serang Baru , Kab. Bekasi 17330 Jawa Barat , Indonesia.
Beranda » Artikel Terbaru » Kenali Ciri Penyakit Jantung di Usia Muda dan Penyebabnya

Kenali Ciri Penyakit Jantung di Usia Muda dan Penyebabnya

Diposting pada 12 Juni 2019 oleh Admin KiosOrganik.com | Dilihat: 11 kali

Penyakit jantung adalah salah satu jenis penyakit yang tak mengenal usia. Bahkan penyakit jantung ini bisa menyerang kalangan muda. Di usia muda, penyakit jantung ini memperlihatkan ciri-ciri tertentu yang harus anda cermati agar bisa mendapatkan penanganan secara tepat dan cepat. Jika tak segera ditangani, penderita penyakit jantung beresiko besar mengalami kematian mendadak. Maka dari itu, penting bagi anda untuk mengetahui apa saja ciri penyakit jantung di usia muda.

Ciri Penyakit Jantung di Usia Muda

Di bawah ini adalah beberapa ciri penyakit jantung yang menyerang usia muda. Pastikan anda menyimaknya sampai selesai agar lebih mudah dalam mengenalinya.

Sakit Tenggorokan

Ciri penyakit jantung pertama ialah sakit tenggorokan. Ketika mengalami sakit tenggorokan, penderita penyakit jantung akan merasa kesulitan dalam menelan. Jika tak segera ditangani, maka kondisi kesehatan tubuh akan semakin melemah karena kurangnya asupan nutrisi dari makanan.

Tekanan Darah Tinggi

Gangguan pada kesehatan jantung juga diperlihatkan dengan tekanan darah tinggi (hipertensi). Usia muda bisa dikatakan mengalami hipertensi apabila mempunyai tekanan darah secara konsisten mendekati batas atas atau bisa lebih tinggi dari batas normalnya. Hal ini dinyatakan setelah tiga kali melakukan pengukuran pada waktu yang berbeda.

Jantung Berdebar-debar

Ciri penyakit jantung di usia muda lainnya yaitu kondisi jantung yang berdebar-debar. Hal ini dikarenakan denyut jantung yang bergerak terlalu cepat atau bahkan melemah secara tiba-tiba di waktu yang tak bisa ditentukan. Sudah pasti hal tersebut sangat mengganggu rutinitas sehari-hari. Anda patut waspada jika mengalami gejala yang satu ini.

Arterosklerosis

Penyakit jantung juga ditandai dengan adanya arterosklerosis. Kondisi ini terjadi karena kadar kolesterol darah yang tak terkendali sampai menimbulkan plak di bagian pembuluh darah. Tak hanya remaja, anak-anak yang terkena penyakit jantung juga mengalami ciri ini.

Batuk Berkepanjangan

Penyakit jantung juga ditandai dengan batuk yang berkepanjangan. Tak hanya organ jantung, batuk berkepanjangan juga menjadi ciri gangguan pada sistem pernafasan. Anda patut waspada apabila mengalami batuk lebih dari 2 minggu. Batuk yang tak biasa memperlihatkan kondisi tubuh yang tidak sehat.

Tidur Mendengkur

Kebiasaan tidur mendengkur tak boleh diremehkan. Bisa jadi kebiasaan tersebut menjadi gejala penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kebiasaan tidur mendengkur menjadi salah satu ciri penyakit jantung yang tengah terbentuk. Dengan demikian, penderitanya belum merasa ada keluhan sakit ataupun sesak nafas. Maka dari itu, apabila anda memiliki kebiasaan tidur mendengkur, ada baiknya anda segera konsultasi ke dokter.

Mual dan Muntah

Penyakit jantung menyebabkan sumbatan lemak di bagian arteri koroner. Hal ini tentu saja mengakibatkan jalannya aliran darah dan oksigen ke jantung menjadi terhambat. Akibatnya, penderita akan merasa mual. Tak sedikit juga penderita penyakit jantung mengalami muntah. Gejala penyakit jantung yang satu ini sangat beresiko dialami oleh penderita yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas.

Rasa Nyeri

Penyakit jantung umumnya merasakan rasa nyeri di beberapa bagian tubuhnya, seperti rasa nyeri di tulang belikat, tubuh bagian kiri dan dada. Rasa nyeri ini muncul karena otot jantung yang melemah. Oleh sebab itu, anda jangan menyepelekan kondisi tubuh yang mudah mengalami nyeri, terutama di bagian-bagian tersebut. Jangan sampai anda terlambat dalam mengenali penyakit jantung.

Keringat Dingin

Keringat dingin termasuk salah satu tanda penyakit jantung yang menyerang usia muda. Kondisi ini memperlihatkan bahwa jantung dalam keadaan yang tak stabil. Saat anda mengalami gejala ini, fungsi jantung memang tengah menurun. Segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Pastikan anda memberikan penanganan sesuai dengan resep ataupun anjuran dari dokter.

Penyebab Penyakit Jantung di Usia Muda

Selain ciri penyakit jantung di usia muda, kami juga akan bagikan ulasan mengenai apa saja penyebabnya. Adapun penyebab penyakit jantung di usia mudah diantaranya yaitu kebiasaan merokok, obesitas, tekanan darah tinggi, minum minuman beralkohol, penggunaan obat-obatan, kondisi psikologi, konsumsi makanan berlemak, makanan siap saji, pola makan yang buruk, makanan setengah matang, aktivitas berat dan masih banyak lainnya. Dengan anda mengetahui penyebabnya, maka anda bisa mencegah resiko terkena penyakit jantung.

Bagikan informasi tentang Kenali Ciri Penyakit Jantung di Usia Muda dan Penyebabnya kepada teman atau kerabat Anda.

Kenali Ciri Penyakit Jantung di Usia Muda dan Penyebabnya | Kios Organik

Belum ada komentar untuk Kenali Ciri Penyakit Jantung di Usia Muda dan Penyebabnya

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 6%
Rp 110.000 Rp 116.500
Ready Stock / RAMA
Best Seller
OFF 3%
Rp 350.000 Rp 360.000
Ready Stock / NATURE
SIDEBAR