Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Minggu & Hari Besar Tutup
Jl. Teratai IV No.20 Sukaragam , Serang Baru , Kab. Bekasi 17330 Jawa Barat , Indonesia.
Beranda » Artikel Terbaru » Kenali Gejala Kolesterol di Usia Muda dan Cara Mengatasinya

Kenali Gejala Kolesterol di Usia Muda dan Cara Mengatasinya

Diposting pada 3 Juli 2019 oleh Admin KiosOrganik.com | Dilihat: 22 kali

Siapa yang bilang kalau kolesterol tinggi itu penyakit yang menyerang orang tua atau lansia saja? Faktanya, semakin banyak orang di usia produktif yang sudah terkena masalah kesehatan yang dapat memicu serangan jantung dan juga stroke ini. Namun sayang, belum banyak dari mereka yang tahu bagaimana cara mencegah kolesterol. Lantas seperti apa gejala kolesterol di usia muda dan bagaimana pencegahannya?

Saat kolesterol berlebihan dan terjadi pengendapan pada dinding arteri, aliran darah di jantung otak dan juga bagian tubuh lain dapat terhambat. Dengan kata lain, kolesterol yang tinggi juga bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami penyempitan arteri, penggumpalan darah di bagian tubuh, stroke ringan sampai penyakit jantung. Dalam kebanyakan kasus, gejala kolesterol di usia muda biasanya memang tidak terlihat spesifik. Tapi yang dapat diidentifikasikan yaitu gejala dari komplikasi kolesterol tinggi, seperti stroke dan penyakit jantung.

lifestyle.kompas.com

Kenali Gejala Kolesterol di Usia Muda

Untuk lebih waspada tentang kondisi tubuh anda, maka kami akan sampaikan seperti apa gejala kolesterol yang mungkin selama ini anda alami. Meskipun usia anda masih muda, namun anda patut waspada dan berhati-hati jika mengalami gejala ini. Siapa tahu ini adalah tanda-tanda kolesterol anda tinggi.

Sakit di Kepala Belakang, Nyeri Sampai Hilang Keseimbangan

Mungkin anda pernah merasa pusing, tapi dalam hal ini bukan pusing biasa umumnya penderita akan mengalaminya di bagian belakang kepala dan tidak kunjung hilang walau sudah minum obat. Gejala ini disebabkan dari pembentukan plak yang dihasilkan oleh kolesterol dan menyumbat pembuluh darah yang ada di sekitar kepala. Lama atau tidaknya tergantung besar atau banyaknya sumbatan. Pusing yang dirasa seperti hilang keseimbangan dan nyeri.

Pandangan Kabur dan Telinga Berdengung

Terjadinya penyebab penyempitan pembuluh darah di bagian mata atau telinga yang disebabkan oleh penumpukan kolesterol bisa menimbulkan gejala berupa telinga berdengung atau pandangan mata kabur.

Kesemutan Berlebihan di Tangan dan Kaki

Sebenarnya kesemutan merupakan kondisi yang disebabkan sistem saraf di dalam tubuh mengirimkan sinyal masalah di bagian otak. Di samping itu, kesemutan yang sering terjadi bisa juga diakibatkan kondisi pembuluh darah tidak memperoleh energi atau suplai darah yang cukup. Biasanya bagian tubuh yang sering mengalami kesemutan adalah kaki dan tangan.

Cara Pencegahan Kolesterol

Agar bisa mencegah dan menurunkan kolesterol, ada berbagai macam hal yang bisa dilakukan mulai dari menerapkan pola hidup sehat sampai dengan konsumsi suplemen penurun kolesterol. Semua cara itu bisa dilakukan bila anda berniat untuk menurunkan kolesterol. Yang pasti, terapkan selalu pola hidup sehat dengan konsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga. Dengan demikian tubuh anda akan sehat selalu.

Kesadaran Mencegah Kolesterol Tinggi

Jika tidak ada kesadaran untuk mencegah kolesterol tinggi, anda tentu akan sulit menahan kedatangannya. Pastikan anda tahu apa saja faktor resiko yang mengakibatkan naiknya kolesterol. Selain itu, cara untuk mencegah kolesterol di usia yang masih muda harus rutin memeriksa kondisi kesehatan tubuh, termasuk kolesterol tubuh. Dengan demikian, gaya hidup yang tepat untuk menjaga tubuh dalam kondisi normal bisa dilakukan.

Jaga Berat Badan

Walaupun tampak sepele tapi faktanya menjaga berat badan ideal sulit untuk dilakukan. Oleh sebab itu, anda harus cermat dalam menentukan kadar gizi dari makanan yang dikonsumsi setiap hari. Konsumsi camilan dan minuman yang sehat, rajin berolahraga agar berat badan tetap ideal.

Konsumsi Makanan yang Tepat

Siapa yang bisa menolak gorengan, ini merupakan salah satu camilan yang banyak disukai oleh orang-orang. Namun siapa sangka, ternyata gorengan yang nikmat ini juga bisa memicu naiknya kolesterol dalam tubuh. Apalagi jika anda hobi makan seafood atau jeroan. Agar kolesterol anda tidak tinggi sebaiknya hindari dan batasi konsumsi makanan tersebut.

Gejala kolesterol di usia muda kebanyakan dipicu dari makanan yang menimbulkan masalah kolesterol tinggi. Misalnya jeroan, gorengan atau makanan laut yang sangat nikmat untuk dikonsumsi. Cara pencegahan kolesterol di usia muda bisa dilakukan dengan membatasi asupan makanan yang tinggi lemak jenuh, kolesterol dan juga lemak trans. Disamping itu pastikan pula memperbanyak asupan serat dan juga lemak sehat agar kolesterol tetap normal.

Bagikan informasi tentang Kenali Gejala Kolesterol di Usia Muda dan Cara Mengatasinya kepada teman atau kerabat Anda.

Kenali Gejala Kolesterol di Usia Muda dan Cara Mengatasinya | Kios Organik

Belum ada komentar untuk Kenali Gejala Kolesterol di Usia Muda dan Cara Mengatasinya

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR