Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Minggu & Hari Besar Tutup
Jl. Teratai IV No.20 Sukaragam , Serang Baru , Kab. Bekasi 17330 Jawa Barat , Indonesia.
Beranda » Artikel Terbaru » Kiat Khusus Cara Menanam Kacang Panjang Berbuah Lebat

Kiat Khusus Cara Menanam Kacang Panjang Berbuah Lebat

Diposting pada 13 Mei 2019 oleh Admin KiosOrganik.com | Dilihat: 6 kali

Kacang panjang merupakan salah satu jenis sayuran bergizi yang bisa diolah sebagai menjadi berbagai macam masakan atau tumisan. Kalau anda punya lahan yang kosong atau pekarangan rumah yang tidak ditanami, maka anda bisa menggunakan cara menanam kacang panjang yang akan kami sampaikan ini. Pastinya bisa dipakai untuk konsumsi pribadi dan keluarga bahkan bisa juga menambah penghasilan ekonomi.

Pada dasarnya cara menanam kacang panjang sama dengan kacang hijau atau jenis kacang lainnya. Menanam kacang ini selain bisa digunakan untuk konsumsi sendiri bisa juga dijual. Kacang panjang bisa tumbuh di daerah manapun dengan iklim apapun. Jadi jika anda menanam kacang panjang bisa dilakukan dengan mudah asalkan caranya benar.

decyra.com

Langkah Cara Menanam Kacang Panjang

Agar anda mengetahui bagaimana penanaman kacang panjang yang tepat, sebaiknya anda tentukan dulu lahan yang hendak dipakai untuk menanam kacang ini dengan kriteria yang bisa memaksimalkan pertumbuhan kacang panjang. Setelah lahan sudah ditentukan selanjutnya tahapan proses penanaman kacang. Ada beberapa langkah yang harus anda jalankan dalam proses ini diantaranya adalah:

Pemilihan Bibit

Ada berbagai macam ciri bibit kacang panjang unggulan yaitu penampilan biji kacang panjang usang atau bernas. Perkecambahan bibit di atas 90%, bibit tidak cacat atau rusak dan tidak mengandung hama tanaman dan penyakit. Untuk menanam kacang panjang tidak perlu disemai. Biji kacang panjang bisa langsung ditanam dalam lahan yang sudah disiapkan.

Persiapan Lahan tanam

Anda bisa mencangkul atau membajak lahan agar tanahnya menjadi gembur dan anda bersihkan lahan dari bekas tanaman sebelumnya atau gulma yang mengganggu. Selanjutnya tambahkan pupuk kandang agar ketersediaan unsur hara yang diperlukan tanaman tercukupi dengan dosis 1 ton per hektar. Setelah diberi pupuk, diamkan tanah sekitar 7 hari supaya pupuk kandang bisa tercampur rata dalam tanah. Selanjutnya buat bedengan dengan panjang yang menyesuaikan lahan lebarnya sekitar 80 cm dan tingginya 30 cm. Beri jarak bedengan untuk drainase sekitar 40 hingga 50 cm. Lalu buat lubang tanam di atas bedengan dengan jarak 30 cmx40 cm.

Penanaman Kacang

Setelah lahan untuk menanam kacang siap,  anda tinggal menanam kacang panjang yang baik dan benar. Mulai lah pada awal musim hujan supaya kacang panjang mendapat suplai air yang cukup. Masukkan benih ke dalam lubang, untuk masing-masing lubang diisi 2 biji kacang panjang. Lalu ditutup dengan tanah tipis atau dengan abu dapur ditambah pupuk kandang.

Penyulaman

Tahapan selanjutnya untuk penanaman kacang panjang sesudah di tanam yaitu menyulami. Penyulaman ini merupakan teknik mengganti benih yang tidak tumbuh secara sempurna, mati atau terserang penyakit. Dengan menggantikannya menggunakan bibit baru supaya tanaman kacang panjang bisa tumbuh dengan serempak. Agar hasilnya maksimal, maka penyulaman bisa dilakukan sesudah tanaman masuk ke usia 5 sampai 7 hari. Jika lebih, maka tidak ada perlu dilakukan.

Penyiraman

Kacang panjang tidak terlalu butuh pasokan air dengan jumlah yang besar. Oleh sebab itu, anda bisa menyirami tanaman sehari sekali ketika pagi atau sore hari.

Penanggulangan Hama Penyakit

Jika kacang panjang terlihat terkena hama atau penyakit, maka harus segera ditanggulangi dengan menggunakan pestisida. Pemberian pestisida ini bertujuan agar tanaman kacang panjang terbebas dari serangan hama dan penyakit. Dengan begitu, kacang panjang bisa sehat sampai dengan berbuah.

Pemupukan Susulan

Tanaman kacang akan tumbuh dengan baik bila tahapan pemberian pupuk susulan tepat. Untuk menjaga tersedianya nutrisi dalam tanah, maka perlu pupuk untuk menopang pertumbuhannya. Pemberian pupuk bisa dilakukan ketika usia tanaman sudah berusia 45 hari sejak biji ditanam. Buat lubang di sekitar tanaman dan masukkan pupuk susulan.

Panen

Ciri kacang panjang yang sudah siap untuk dipanen terlihat dari ukuran polong yang optimal. Biji yang ada di dalam polong tidak tampak menonjol dan mudah dipatahkan atau bila dihitung dari masa tanam adalah 3 hingga 4 bulan sejak masa tanam. Sebaiknya lakukan panen pada waktu pagi sebelum matahari menyengat agar kacang panjang segar. Potong tangkai polong dengan pisau lalu disortir dan diikat untuk dijual.

Dengan mengetahui bagaimana cara menanam kacang panjang yang tepat. Maka kami yakin anda bisa menerapkannya di rumah dan bisa mendapatkan hasil tanaman kacang panjang yang maksimal

Bagikan informasi tentang Kiat Khusus Cara Menanam Kacang Panjang Berbuah Lebat kepada teman atau kerabat Anda.

Kiat Khusus Cara Menanam Kacang Panjang Berbuah Lebat | Kios Organik

Belum ada komentar untuk Kiat Khusus Cara Menanam Kacang Panjang Berbuah Lebat

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Best Seller
OFF 3%
Rp 350.000 Rp 360.000
Ready Stock / NATURE
OFF 3%
Rp 210.000 Rp 216.500
Ready Stock / SGRAN
SIDEBAR