Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Minggu & Hari Besar Tutup
Jl. Teratai IV No.20 Sukaragam , Serang Baru , Kab. Bekasi 17330 Jawa Barat , Indonesia.
Beranda » Artikel Terbaru » Tahapan Budidaya Pisang Barangan dari Pemilihan Bibit Sampai Panen

Tahapan Budidaya Pisang Barangan dari Pemilihan Bibit Sampai Panen

Diposting pada 29 Juli 2019 oleh Admin KiosOrganik.com | Dilihat: 134 kali

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang banyak digemari masyarakat di Indonesia. Pisang memang kaya kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Jenis pisang pun ada bermacam-macam. Salah satunya adalah pisang barangan. Budidaya pisang barangan sekarang bisa dengan mudah anda lakukan.

Cara budidaya pisang barangan sebenarnya tidaklah sulit. Asalkan anda mengetahui caranya dan melaksanakan panduannya dengan benar. Pisang barangan ini sebenarnya merupakan pisang yang khas dari Deli Serdang, Sumatera Utara. Jika dilihat bentuknya mempunyai ciri bercak hitam pada bagian kulit dan memiliki aroma yang wangi pada gigitan buahnya.

mitalom.com

Panduan Budidaya Pisang Barangan

Pada dasarnya untuk membudidayakan jenis pisang yang satu ini, tidak sulit. Agar anda lebih memahaminya, maka simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pemilihan Lokasi dan Lahan

Lahan atau lokasi yang baik untuk budidaya jenis pisang ini adalah daerah yang datar dan punya curah hujan yang merata dalam kurun waktu sepanjang tahun. Di daerah ini bisa dibuatkan parit untuk mencegah genangan yang bisa mengakibatkan jamur tumbuh di lokasi ini.

Lahan untuk penanaman harus dibersihkan dari gulma dengan bersih. Ini bertujuan untuk mencegah terjadinya persaingan unsur hara dengan tanaman utama yaitu pisang. Disamping itu jika kondisi lahan bersih, maka akan lebih mudah dalam penanamannya.

Sebaiknya jangan memakai Herbisida sebab bisa merusak struktur dan juga komposisi tanah. Selain itu juga bisa merusak unsur hara yang terkandung juga jasad renik sebagai bakteri pengurai.

Pemilihan Bibit

Di dalam memilih bibit pisang barangan bisa dilakukan dengan dua metode. Pertama metode pemilihan bibit dari anakan, dan yang kedua dari bonggolnya. Para petani yang punya modal kecil bisa memilih bibit dari anakannya. Disamping murah dan mudah ditemui prosesnya juga tidak terlalu panjang.

Bibit bisa diambil dari rumpun indukan yang punya pertumbuhan baik. Pilih yang bagian daunnya hijau dan lebat, memiliki batang yang besar dan tegap, juga memiliki produksi buah yang banyak.

Sedangkan untuk pemilihan bibit melalui bonggol, maka anda butuh waktu dan proses panjang. Namun memiliki keunggulan umur tanaman dan waktu panen yang seragam. Benih didapat dengan cara membongkar bonggol yang buahnya dipanen bersamaan. Selanjutnya dipotong dan dibelah berdasarkan dari mata tunasnya.

Penanaman, Perawatan dan Pemeliharaan

Ukuran lubang penanaman pohon pisang barangan yaitu 50 cm x 50 cm x 50 cm. Jarak tanam pohon pisang adalah 2 m x 3 m. Sebelum dimasukkan dalam lubang, sebaiknya tanah diberi campuran pupuk kandang. Selain itu media tanam dibiarkan terkena sinar matahari untuk mencegah jamur pada tanah muncul.

Pada tahap perawatan dan pemeliharaan pohon pisang barangan, anda bisa melakukan beberapa langkah seperti pengendalian gulma. Pemberian pupuk yang terbaik untuk pohon pisang. Pisang barangan akan sangat baik pertumbuhannya bila diberi pupuk kandang yang dicampur dengan KCL, Urea dan TSP.

Pada setiap komposisi pupuk menggunakan ukuran seberat 200 gram. Pemberian pupuk ini bisa dilakukan 3 sampai 4 bulan sekali.

Pohon pisang barangan hanya boleh memiliki 3 pohon anakan. Usahakan agar setiap rumpun memiliki jarak umur induk dan tunas 3-4 bulan. Jika ada daun mati atau terserang hama segera potong dan bakar. Tujuannya supaya tidak bermunculan serangga baru.

Pemanenan Pisang Barangan

Tandan pisang barangan umumnya memiliki 6-10 sisir. Bila itu sudah terpenuhi maka dapat dilakukan pemotongan jantung pisang. Selanjutnya dibungkus tandan buah pisang menggunakan plastik dengan bahan polyethilen supaya bisa terhindar dari hama dan penyakit.

Untuk pemanenan pisang barangan ini jika sudah berusia setahun. Jika buah tampak tua atau rontok sisa kuncup bunganya, atau dapat juga dilihat dari bentuk buah yang tampak lebih bulat. Namun jangan sampai anda memanen buah yang masak di pohon. Sebab hal ini dikhawatirkan bisa kematangan sebelum pisang barangan sampai ke pengepul.

Budidaya pisang barangan bisa memberikan hasil yang memuaskan dan keuntungan yang melimpah bila anda menjalankannya dengan sungguh-sungguh. Dengan melakukan budidaya pisang ini bisa mendatangkan keuntungan bagi anda. Bahkan, anda bisa menjadikan ini sebagai bisnis yang menguntungkan dan dapat meningkatkan perekonomian anda.

Bagikan informasi tentang Tahapan Budidaya Pisang Barangan dari Pemilihan Bibit Sampai Panen kepada teman atau kerabat Anda.

Tahapan Budidaya Pisang Barangan dari Pemilihan Bibit Sampai Panen | Kios Organik

Belum ada komentar untuk Tahapan Budidaya Pisang Barangan dari Pemilihan Bibit Sampai Panen

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 200.000
Ready Stock / CODRINK
SIDEBAR